Minggu, 30 Mei 2010

Sayang Ayah Challenge

Susahnya bilang "SAYANG" sama AYAH
================================
(Inspirated from ulfa)

Cahaya sore

Model : Lampu Taman Kampus
Waktu : Sore, nunggu adik2 kelas syuro pubdok^^
Lokasi : Halaman Kampus

Sabtu, 29 Mei 2010

Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta 2010

Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta 2010

19 April 2010 – 11:00

Tenggat: 30 September 2010

Setelah terakhir kali Novel “Tanah Tabu” karya Anindita S. Thayf – yang menjadi pemenang pertama sayembara novel 2008 – telah sukses diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada medio 2009 lalu, Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta kembali hadir tahun ini mencari karya-karya terbaik lainnya.

Sayembara 2 tahunan ini terbuka bagi siapa saja, baik dari pengarang Indonesia yang sudah punya nama maupun pemula, yang memperlihatkan kebaruan dalam bentuk dan isi. Sayembara akan mencari karya terbaik sebagai pemenang utama untuk dihadiahi uang tunai sebesar Rp 20.000.000, dan empat pemenang unggulan yang akan dihadiahi uang tunai masing-masing sebesar Rp 7.500.000.

Untuk merangsang dan meningkatkan kreativitas pengarang Indonesia dalam penulisan novel, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan SayembaraMenulis Novel. Lewat sayembara iniDKJ berharap lahirnya novel-novelterbaik, baik dari pengarang Indonesia yang sudah punya nama maupun pemula, yang memperlihatkan kebaruan dalam bentuk dan isi. Adapun persyaratannya sebagai berikut:

Ketentuan Umum

  • Peserta adalah warga negara Indonesia (dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau bukti identitas lainnya).
  • Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah.
  • Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik sebagian maupun seluruhnya.
  • Naskah tidak sedang diikutkan dalam sayembara serupa.
  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik.
  • Tema bebas.
  • Naskah adalah karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan (sebagian atau seluruhnya)
Ketentuan Khusus
  • Panjang naskah minimal 150 halaman kuarto, 1,5 spasi, Times New Roman 12
  • Peserta menyertakan biodata dan alamat lengkap dalam lembar
  • tersendiri, di luar naskah
  • Empat salinan naskah yang diketik dan dijilid dikirim ke:

Panitia Sayembara Menulis Novel DKJ 2010
Dewan Kesenian Jakarta
Jl. Cikini Raya 73
Jakarta 10330

  • Batas akhir pengiriman naskah: 30 September 2010 (cap pos atau
  • diantar langsung)
  • Lain-lain
  • Para Pemenang akan diumumkan dalam Malam Anugerah Sayembara MenulisNovel DKJ 2010 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada pertengahan Januari 2011.
  • Hak cipta dan hak penerbitan naskah peserta sepenuhnya berada pada penulis.
  • Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat.
  • Pajak ditanggung pemenang.
  • Sayembara ini tertutup bagi anggota Dewan Kesenian Jakarta periode 2009-2012.
  • Maklumat ini juga bisa diakses di www.dkj.or.id
  • Dewan Juri: Agung Ayu, Anton Kurnia, dan A.S. Laksana

Hadiah

  • Pemenang utama Rp. 20.000.000
  • Empat pemenang unggulan @ Rp. 7.500.000

Selamat berlomba!

Dimas Fuady
Public Relations Jakarta Arts Council
www.dkj.or.id

Lomba Menulis Cerpen Remaja 5 (LMCR) 2010


Tenggat: 15 September 2010 (dibuka mulai 21 April 2010)

Berhadiah Total Rp 85 Juta + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD. Peserta Siswa SLTP(Kategori A), Siswa SLTA (Kategori B) dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C)

Syarat-syarat Lomba:

  1. Lomba ini terbuka untuk pelajar tingkat SLTP (Kategori A), SLTA(Kategori B) dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C) dari seluruh Indonesia maupun yang studi/bekerja di luar negeri. Kecuali keluarga besar PT ROHTOLaboratories Indonesia dan Panitia/Dewan Juri LMCR 2010
  2. Lomba dibuka 21 April 2010 dan ditutup 15 September 2010(Stempel Pos)
  3. Tema Cerita: Dunia remaja dan segala aspek kehidupannya (cinta, kebahagiaan, kepedihan, harapan, kegagalan, cita-cita, derita dan kekecewaan)
  4. Judul bebas tetapi harus mengacu tema Butir 3
  5. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul
  6. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia literer (indah, menarik, mengalir) dan komunikatif. Bahasa gaul dan bahasa daerah/asing boleh digunakan untuk segmen dialog para tokohnya – jika itu diperlukan dan sesuai dengan tema
  7. Naskah yang dilombakan harus asli (bukan jiplakan) dan belum pernah dipublikasi
Ketentuan Khusus:
  1. Naskah ditulis di kertas ukuran kuarto, ditik berjarak 1,5 spasi, font 12, huruf Times New Roman, margin justified 2 Cm, panjang naskah antara 6 – 10 halaman, dikirim ke panitia dalam bentuk printout 3 (tiga) rangkap/copy disertai file dalam bentuk CD.
  2. b. Cantumkan sinopsis maksimal 1 (satu) halaman, mini-biodata pengarang, foto 4R, fotocopy KTP atau SIM/Paspor/Student Card
  3. Setiap judul cerpen yang dilombakan wajib dilampiri kemasan LIP ICE(bagian kartonnya) atau segel SELSUN Shampo jenis apa saja
  4. d. Naskah cerpen yang dilombakan beserta persyaratannya dimasukkan ke dalam satu amplop (boleh berisi beberapa judul), cantumkan tulisanPESERTA LMCR-2010 dan Kategori-nya di atas amplop kanan atas dan dikirim ke: Panitia LMCR-2010 LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD – Jalan Gunung Pancar No.25 Bukit Golf Hijau, Sentul City Bogor 16810
  5. Hasil lomba diumumkan tanggal 15 Oktober 2010 melaluiwww.rayakultura.net dan www.rohto.co.id
  1. Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat
  2. Hasil Lomba:

Masing-masing kategori: Pemenang I, II, II dan 5 (lima) Pemenang Harapan Utama, 10 (sepuluh) Pemenang Harapan dan Pemenang Karya Favorit untuk Kategori A: 20 Pemenang, Kategori B: 60 Pemenang dan Kategori C: 100 Pemenang.

Hadiah Untuk Pemenang:

Kategori A (Pelajar SLTP)

  • Pemenang I – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
  • Pemenang II – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 20 (dua puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam LIP ICE-SELSUN
  • Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan Cerpen Pemenang Utama LMCR-2010
  • Sekolah Pemenang I, II dan II berhak mendapat 1 (satu) unit TV

Kategori B (Pelajar SLTA)

  • Pemenang I – Uang Tunai Rp 5.000.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
  • Pemenang II – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 60 (enam puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam LIP ICE-SELSUN
  • Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan Cerpen Pemenang Utama LMCR-2010
  • Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1 (satu) unit TV

Kategori C (Mahasiswa/Guru/Umum)

  • Pemenang I – Uang Tunai Rp 7.500.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
  • Pemenang II – Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari + Piagam LIP ICE-SELSUN
  • 100 (seratus) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam LIP ICE-SELSUN
  • Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan Cerpen Pemenang Utama LMCR-2010
  1. Naskah cerpen yang dilombakan jadi milik PT ROHTO, hak cipta milik pengarangnya. Informasi lebih lanjut e-mail ke rayakultura@gmail.com

Jakarta, 10 April 2010

Ketua Panitia LMCR-2010

Dra. Naning Pranoto, MA

Jumat, 28 Mei 2010

Alangkah Indah Orang Bersedekah


Alangkah indah orang bersedekah
dekat dengan Allah
dekat dengan Syurga
Takkan berkurang
harta yang sedekah
akan bertambah
akan bertambah..

Subhanallah..
lagi denger MP3, playlist lagu sedekahnya Opick langsung keputer.
hmm..jadi inget kisah seorang sopir angkot dan penumpangnya.
Ini kisah nyata, tapi kebetulan yang disayangkan..bukan saya yang langsung mengalaminya.
Siang hari, seorang akhwat duduk sendiri di angkot,menunggu..seperti biasa, angkot kalau sudah ngetem..lamanya Subhanallah menguji kesabaran..mana panas lagi, Allah kariiimmmm...emang mesti banyak-banyak sabar. sempat terpikir dibenak akhwat itu untuk turun dan mencari angkutan lain, tapi entah kenapa, kaki rasanya berat sangat.
bismillah..dengan perasaan yang tertahan, akhirnya ia tetap memilih untuk menunggu.
selang 20menit kemudian, barulah angkot itu mulai berjalan..bisa ditaksir, kecepatannya hanya 40km/jam. sambil terus merayap, naiklah satu penumpang..ibu paruh baya, tua..dan buta.
si akhwat sedikit bergeser untuk memberikan posisi duduk ibu itu.

"Punten, si ibu teh mau kemana?". tanya sopir angkot itu lembut
"Mang turunkan di Jl....... ya" ucap si ibu
"iya ibu" jawab sopir itu sambil tersenyum ramah..
Oops, wajah si akhwat langsung berubah ramah, kekesalannya menunggu tadi jadi terobati karena melihat betapa ramahnya sang sopir angkot.
setibanya di tempat tujuan, sopir itu memberhentikan kendaraannya
"Ibu sudah sampai, nanti ibu jalan saja kedepan. neng punten dibantu si ibunya"
akhwat itu segera sigap membantu..
"berapa pak?"tanya si ibu
"Dua ribu bu.."
ibu itu ternyata mengeluarkan uang dua puluh ribu dan langsung pergi. sang sopir teriak dan menyuruh ibu itu balik lagi karena salah, karena tak mendengar si sopir turun dari angkot dan mengejar ibu itu. ia lalu mengembalikan uang dua puluh ribu..dan pergi tanpa meminta ongkos lagi dari si ibu itu..

Subhanallah, si akhwat sungguh terkesima melihatnya.
begitu jalan lagi, si akhwat bilang
"maaf pak, bisa dipercepat..saya mengejar waktu sholat"
"oh iya neng..maaf"

selang beberapa ratus meter dari tempat tadi..
datang penumpang memberhentikan angkot tersebut..
bukan satu penumpang,
tapi bergerombol..
membuat angkot itu seketika menjadi penuh..
ramai..

Subhanallah..
Allahuakbar!

Mengingat kisah tadi, membuat saya jadi berpikir..betapa indahnya sedekah, betapa tidak ada ruginya bersedekah..
Karena hakikatnya, uang kita tidak berkurang..melainkan bertambah, di tempat lain, disisi Allah yang mungkin bisa lebih berkah ^^

Dari sekian banyak ayat Allah yg ada tentang sedekah, saya paling suka ayat yang ini
Bismillah..
"Dan Infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang diantara kamu, lalu dia berkata (menyesali), Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shaleh"
hmmff.....
Rabb, semoga kami menjadi golongan orang-orang yang senang bersedekah dan pandai bersyukur
emang gak ada ruginya sama sekali kita bersedekah, ya..kalau saya selalu menganggap..ketika kita bersedekah, kita mensucikan rizki yang sudah kita dapati..karena disebagian rizki kita itu, ada hak milik orang lain..

Keutamaan bersedekah
=====================
1. Mendatangkan rezeki
Allah akan membalas kebaikan hamba-hambaNya dengan 10 kebaikan, bahkan di ayat yg lain menyatakan. Khalifah Ali bin Abi thalib berkata "pancinglah rizki dengan bersedekah"
2. Sedekah dapat menolak bala
Rasulullah SAW bersabda "bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak dapat mendahului sedekah"
3. Dapat menyembuhkan penyakit
Rasulullah menganjurkan "Obatilah penyakitmu dengan bersedekah"

Saat kita ingin bersedekah, berikanlah yang terbaik buat saudara kita..keluarkan harta yang ingin kita sedekahkan dengan perasaan senang..ikhlas karena ingin berbagi, ridho karena ingin melihat saudara kita tersenyum
Subhanallah, sungguh ada kepuasan tersendiri, ketika melihat saudara kita bahagia karena kita bisa sedikit mengurangi bebannya, Allah juga pasti senang dan sayang sama hamba-hambaNya yg mau berbagi
Allahualam bisawab..
Sekedar refleksi hati dan fikiran

So..sudahkah kamu bersedekah hari ini??
^_~"

My Purple DREAM

Model : Tas Ungu
Waktu : Pagi hari
Lokasi : P.R.I.V.A.T.E.R.O.O.M

Awalnya gak sengaja lihat di gramedia.
cuma antar temen beli tas, dan lihat Lovely ungu mejeng dengan cantiknya di etalase toko.
GREAT!
saya harus dapetin tas ini, tapi lihat kenyataan, isi dompet tidak mendukung(hehe..), lagipula ini bukan suatu kepentingan, gak butuh-butuh banget.tapi kenapa ya mata gak mau pindah kepandangan lain??, ambil handphone..terus foto!, jepret..!!, get it..saya dapet tas nya, as u think,cuma foto aja..but its okey!. Ya Rabb.. lain kali..gak tahu gimana caranya dan kalau emang jodoh, saya mau beli tas ini..itu doaku saat itu!, doa sederhana yang kupinta.

Surprise..!!,temen dengan mudahnya bilang.
"Na, mau tas ini ya??, ambil aja..anggep aja beli ke saya dengan tarif cicilan or kredit".
hahaha..itu cuma konotasi friend, bahasa kenyataannya sama dengan NGUTANG. gak ah..bukan sesuatu yang penting ko, mubazir !!, pikirku..
"lho..lagipula, tas ina yang biru kan udah sobek, bukannya resletingnya udah pada lepas ya, kasian kan kalo bawa laptop". celoteh temenku lagi
agghhhh iyaaaa, kasian si biru..dia udah compang-camping dimana-mana, ya..wajar lah, dia udah 4 tahun lebih nemenin saya.

Mulai goyah...mulai goncang..mulai bingung(hahaha..dasar flegmatis!!, naluri bimbangnya keluar deh ^_~")
"Saya beli!!"
lucu kalau dipikir2, tapi..inilah salah satu impian kecilku ternyata, impian yang dari jaman kelas 1 SMA ingin saya wujudkan,--PUNYA TAS RANSEL WARNA UNGU--
see..itu baru tercapai setelah saya kuliah, menunggu hampir 4 tahun untuk mewujudkannya.
Great Allah. Ternyata doaku hanya tertunda, tidak di ijabah langsung, tidak juga digantikan ^_^

Dream come true friend.
eitss..siapa bilang secepat itu saya dapetin tas ini!
tas ini belum bisa saya pakai kalau impian saya yang lain belum tercapai, dulu..saya pernah punya goals di kehidupan yang ingin saya capai..rewardnya, yah..tas ini. so, tas ini saya tahan sampai jangka waktu yg tidak ditentukan..T_T..

eh, impiannya belum terwujud..ternyata tas ini dijadikan hadiah ulang tahun oleh temen2 saya di hari milad ke 20.
si mpunya tagihan bilang "Gunakan tas ini sebagai penyemangat langkah ina, untuk capai impian ina yang lain"
arrgghh...Thanks Friend!
dan dalam kurun waktu satu bulan, saya bisa miliki tas ini secara SAH..punya sendiri, dari hasil nabung sendiri

and now, u here my Lovely purple ^_~"
sudah saya ajak kemana-mana, ikut berpetualang, ikut kotor-kotoran, ikut capek
with me..
with the other dream..

Kamis, 27 Mei 2010

Panorama Senja di Sudut Kota Tua


Model : apa ya??, modelnya pemandangan aja deh ^_~
Waktu : Sore hari sehabis beli makan
Lokasi : Ciganitri, Dayeuh kolot-Bandung

Jejak Matahari


Model : Kaki ina, Kaki yunda, Kaki indah ^_^
Waktu : Disela-sela waktu menunggu kelas selanjutnya
Lokasi : Kampus

Adikku sayang

"Mba Ina..Kapan enda bisa kuliah??"

Ahh..adikku sayang
Hanya sesaat kau ucapkan itu
lirih..
tapi sungguh menjadi fokus fikiranku

Ternyata, perjalananku baru dimulai
waktuku sudah tiba
Ada tanggungjawab yang harus ku emban
sebagai kakak..
sebagai amanah atas diriku
kau
dan orang tua kita..

sabar ya..
kita sama-sama berjuang
kau dengan usahamu menabung
menabung ilmu dari sekarang
menabung hasil usahamu dari sekarang
menabung kelelahan hidup dari sekarang
biar nanti..
saat kita terpaksa tinggal sendiri
saat kita benar-benar harus terpisah
dari ayah..
dari ibu..
dan dariku..
kau sudah punya cukup bekal
dari tabungan ilmu, harta, dan kesabaranmu..

adikku sayang..
cahaya itu masih ada
aku yakin..
dengan kondisi kita sekarang ini
Ia..
ingin ajari kita tentang kesusahan
tentang kemiskinan
tentang pengorbanan
tentang kepayahan
tentang kelelahan
tentang hakikat hidup yang seutuhnya

aku yakin
kau bisa lalui ini semua
kau bisa ditempa dengan keadaan ini
kau bisa belajar dari segala kesulitan ini
kau bisa hadapi kondisi ini
aku yakin..
pelajaran dari ayah
dari ibu
adalah mutiara berharga untukmu
kau pasti bisa
kita pasti bisa
Ayah pasti bangga denganmu
Ibu pasti bahagia melihatmu

kau tau..??
kenapa aku begitu amat sangat yakin..

karena kau adalah adikku
adikku sayang
yang sampai saat ini masih bisa bertahan
tanpa keluhan
tanpa kesombongan
dan tanpa kesedihan..

-Love u dek..-
Model : Mahendra ^_~
Waktu : Sore hari
Lokasi : Rumah Om fredy


Rabu, 26 Mei 2010

Aku Vs Waktu

Kulirik jam di handphone
"Astaghfirullah!!, udah jam 3 sore aja..cepet banget!"

Padahal, tepat jam 3 sore itu, Harusnya aku sudah berangkat menuju agenda pekananku..
So simple..(fikirku), Ku ambil handphone, dan mulai SMS murabbiahku.
"mba, maaf telat..masih ngerjain tugas dari Dosen mba, Deadlinenya nanti malam, ini masih sedikit lagi mba" klik..and send, delivered..Selesai!
beres, tinggal lanjut menyelesaikan entry data yang bertumpuk ini.
Tanpa kusadari, "Astaghfirullah, jam5!!.." aku telat dua jam, Keterlambatan terparah yang pernah kucetak.
Bergegas pergi, walapun telat..dari pada tidak sama sekali, itu pikirku. Begitu sampai ditempat, duduk..dan hanya selang 20menit, agenda sudah ditutup dan siap-siap pulang. aku cuma dapat mutaba'ah dan doa kafaratul majelis..padahal, seharunya banyak ilmu lebih jika aku datang tepat waktu!

Mba mendekat ke arahku, berbisik..pelan, sepertinya hanya aku saja yang mendengar ucapannya itu
"Inget ina..!!, Tanggungjawab kita lebih banyak daripada waktu kita"

Great!!
Pelan..Singkat..tapi begitu dalam!

Aku tertampar dengan ucapan itu,yah..sebuah conclusion yang rasanya pahit untukku terima.
Aku dikalahkan oleh waktu, aku dikalahkan oleh manajemen hidupku sendiri..

Jadi ingat buku Manajemen waktu yang pernah kubaca, disitu tertulis,,
Karakteristik waktu :
1. Tidak bisa dihentikan
2. Tidak bisa digantikan
3. Tidak bisa diulang kembali

Harusnya itu sudah cukup untuk dijadikan faktor utama untukku bergerak lebih cepat dan tepat lagi..
Orang akan mempercayakan amanah kepada orang yang sibuk, bukan pada orang yang banyak waktu luang. Karena mereka tahu, orang yang sibuk sudah terbiasa mengatur waktunya untuk membagi-bagi aktivitasnya secara tepat.Semakin sibuk kita, harusnya semakin memiliki kapabilitas yang cukup untuk mengatur waktu dan aktivitas kita..
itu yang rasanya mau Allah sampaikan dalam QS.Al-Ashr..
Mungkin, kita harus memulainya dari persiapkan segala sesuatunya sebelum menjelang esok, begini..
aku jadi teringat kisah sahabat Rasul yang menjadi ahli syurga karena aktivitas mulia yang Ia lakukan setiap malam, sederhana...mudah..tapi itu sungguh ia lakukan dengan tulus dan ikhlas. Tiap malam, sebelum tidur..Ia membayangkan wajah saudara-saudaranya yang ia temui satu persatu..kemudian..Ia maafkan semua kesalahan dari saudara2nya itu..benar-benar tulus, hingga ketika ia tidur..ia tidak menyimpan dendam dalam mimpi dan tidurnya.

Subhanallah,
Buatku..itu adalah salah satu manajemen hidup yang paling baik.
kenapa gak aku lakukan dari hal-hal yang sederhana;
Menuliskan apa-apa yang mau dikerjakan satu hari esok, menghitung estimasi waktunya, dan memperkirakan outputannya, goals apa yang mau ku capai di satu hari esok itu..
mungkin, dengan aku memvisualisasikannya, memetakannya dalam lembaran kertas, itu akan jadi lebih nyata..lebih mudah untuk ku ingat dan implementasikan!!

Yah, itu salah satu caraku menaklukan waktu, meminimalisir kesia-siaan yang pernah dibilang temanku..
"Na..sayang deh kalau hidup cuma kayak air mengalir, sia-sia kan na??, sia-sia itu sesuatu yang boros kan na??, boros itu temannya setan kan na??, masa sih kita mau temenan sama setan.."

Aku Vs Waktu???
hemm..rasanya itu bukan judul yang tepat..
karena mulai saat ini, justru aku sedang melakukan pendekatan dengan waktu, mengenal karakternya, berusaha menjadi sahabatnya ^_^

Jadi inget kata Aa Gym..
Mulai dari yang kecil
Mulai dari Sekarang
Mulai dari diri sendiri

So..
gak ada kata terlambat kan..
-^__^-

Selasa, 25 Mei 2010

Sahabatku penyembuh Sakitku

Subhanallah

waaahhhh...senengnya malam ini, makasih sahabatku sayang.
satu hari penuh sudah disuruh istirahat!!!
gak boleh apa-apa
gak bisa kemana-mana
sakit itu memang gak enak!!!

makasih sudah mengajakku jalan-jalan..
naik motor..
lihat-lihat sawah di terangi temaram bulan
kita kelilingi rumah-rumah asri disudut kota tua ini
hemmm...
semilir angin malam benar-benar menyejukkan nuansa hati kita
lampu-lampu jalan jadi cahaya penerang motor kita melaju
lirih suara-suara jangkrik terdengar bersahutan ikut bersenandung bersama kita
malam ini!
diam-diam...
aku benar-benar menikmati suasana ini

sakitku sembuh sahabatku sayang...
maag ku sudah bisa diajak kompromi
rasa keram ini berubah menjadi senang dan senyum mengembang
lain kali kita pasti akan berpetualang
lagi..
lagi..
dan lagi..

kita buat cerita diujung senja
kita sama-sama nanti cakrawala sore menutup tirainya
kita rasakan lagi indahnya cuaca

biar sama-sama
kita lafazkan senandung hamdalah
sebagai ungkapan rasa syukur kita
kepada Sang Pencipta

Bandung,250510
Makasih Ulfa ku sayang...
Love u cause Allah ^_^

Contoh Project menggunakan JAVA PROGRAMMING

Assalamuallaikum.

sekarang, tepat pukul 2 siang..harusnya sekarang ada dikampus, bimbingan Sertifikasi Java di Cubicle Room bareng temen2 yang lain. Menyimak tiap ilmu-ilmu tentang code2 Java dari Pak Iman,,,huff..tapi maag ini tak bisa diajak kompromi, sakitnya bukan main..MasyaAllah.

Tapi harus tetep semangat!!
tak ada rotan, akarpun jadi ^^, buka-buka materi dasar Java lagi. jadi ingat project yang pernah dibuat bareng "Sofian dan Indah".
Kita buat aplikasi desktop untuk Manajemen di PIZZA HUT Delivery Order
aplikasi yang sedehana, hanya terdiri dari 2 aktor, satu punya previlege sebagai admin, yang satunya lagi sebagai user.

untuk lebih lengkapnya bisa dibaca disini :

Kalo mau coba-coba syntaks dan codenya, bisa di download disini :

Installer java nya bisa kamu download disini :


ohya, pastinya kamu harus punya file java dulu di komputer kamu, cara ngeceknya yang paling sederhana aja yah^^
kamu buka command prompt kamu, shorcutnya windows+R trus ketik cmd, enter deh


kalo muncul kalimat kayak digambar, itu artinya kamu belum setting "path"nya. kita pakai cara gampangnya aja ya...^^
kamu ketik --> path(spasi)tempat kita menaruh bin java,
contoh : path C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_08\bin

kalo udah di enter deh, ntar muncul tampilan kayak gini

itu artinya, path dari java kamu sudah terprogram dengan baik. nah sekarang kita bisa mulai coding. disini, editor yang saya pakai adalah "editplus"..kamu juga bisa pakai notepad++, JCreator, ataupun macromedia, bebas aja..tapi yg saya punya hanya editplus, so kamu bisa download installernya disini kalau emang belum ada

sip, siap coding sekarang kita
di awal, kamu harus buka mainpage dari program saya dulu. di command promptnya kamu harus set direktorinya dulu sesuai dengan tempat kamu nyimpan file programnya
misal saya simpan di drive E, tinggal ketik aja E: trus enter, maka dia akan berpindah ke direktori E:
baru kita pindah ke folder tempat kita simpan file
contoh : cd(spasi)tempat menyimpannya --> cd E:\SCHOOL\Project_java -->terus enter


sekarang tinggal kita compile, diawal kita compile file MainPage.java
dengen mengetik --> javac MainPage.java --> enter
kalo udah berhasil, sekarang tinggal kita running dg mengetik --> java MainPage --> enter, nanti akan muncul tampilan seperti ini :


oke, kita dah masuk ke aplikasinya, kalo kamu klik admin maka kamu login sebagai admin dg username "Admin" password "Admin"


klik submit, dan kita akan masuk ke menu awal admin, yang didalamnya ada fungsi "add, update, delete, dan back


Yap, kalo dah sampai disini, kamu bisa otak-atik aplikasi ini sesuka kamu..
haha, tapi ada yg saya lupa. kamu harus punya SQL Server sebagai databasenya, karena percuma aja kalo gak ada databasenya

sok atuh, di unggah disini :

Subhanallah, dah hampir dua jam..hemmm, temen2 SCJP pasti dah pada selesai bimbingan. tapi gak apa-apa, paling gak..kita atau saya deh lebih tepatnya. jadi di refresh lagi soal java..
sempet buka code sebentar dan lihat2 materi OOP
==================================================================

Kita tunggu kabar SCJP selanjutnya, kalo da ilmu baru lagi InsyaAllah di sharing lagi ^_^

==================================================================












Download Tutorial SCJP

Alhamdulillah di kampus ikut Sun Certified Java Programming secara gratis. Selama pelatihan dikasih tutorialnya juga.
Ini ada tutorial SCJP nya, InsyaAllah lengkap..mudah2an bermanfaat ^^

http://rapidshare.com/files/391324593/Apress.SCJP.Exam.for.J2SE.5.May.2006.pdf.html

Untuk soal-soal SCJP, bisa dilihat di contoh-cotoh berikut ini :

Ohya, untuk SCJP..java yang kamu pakai minimal java 1.5 atau 1.6, soalnya banyak code-code di versi 1.5 yang beda dengan code java versi sebelumnya.
contoh sederhananya ada pada pengembangan code di tipe datanya.

itu semua bisa kamu pelajari otodidak di tutorialnya, selamat bereksplorasi dengan java programming, good job coder..^^

Download Ebook JAVA

http://rs169.rapidshare.com/files/321109501/Alfresco.Developer.Guide.pdf

Sekotak kecil rindu














Ayah..
Aku rindu

Jika hanya ini masamu
aku tak peduli
biar senyum ini yang temanimu
biar doa ini yang antarkanmu
biar hati ini yang tenangkanmu
biar tiap lafas ini yang lirihkanmu
Ayah..
Aku rindu
benar-benar rindu..

Kami tidak mempertanyakan VISInya, kami menyayangkan MISInya

MasyaAllah..

kerikil apalagi ini??

katanya kita ini kaum intelek!
Iron Stock!

Agen perubahan yang akan membangun peradaban
Agen perubahan yang akan mencatat sejarah zaman
Agen perubahan yang siap turun ke jalan

Kemana akhlak itu kawan
Kemana kecerdasan itu kau gantungkan
Kemana pola pikirmu kau arahkan

Hai Pemuda zaman!

Kita sudah tak punya waktu lagi untuk berdebat
Kita sudah tak pantas lagi mengumpat
Kita sudah tak layak lagi berkelabat
tak bersahabat!
yang ada hanya saling menghujat!

Kita ini satu kawan..

seperti setangkai lidi
ia tak akan berguna karena hanya setangkai
setangkai teman..
sendiri..
ia baru akan bermanfaat saat diikat penuh oleh tangkai-tangkai lidi yang lain
padat!
kuat!
bergantung satu sama lain

Ukhuwah teman
itu rasanya yang pernah Rasul ajarkan
tak usah diragukan
karena memang sudah sewajarnya, ada perbedaan

Lisan!
kau kemanakan tatakrama itu

Langkah!
kau kemanakan perginya derap mujahid itu

Ahh Zaman!
Kau benar-benar permainkan masa

Kawan..
coba pikirkan kembali moral-moral kita
coba instropeksi lagi strategi-strategi kita
coba tabayunkan lagi maklumat-maklumat kita

Kami tidak mempertanyakan visinya teman..
Kami hanya menyayangkan misinya..
dengarkanlah temanku..
perhatikanlah sahabatku..
rasakanlah saudaraku..

karena kita selalu punya celah, dalam setiap gerak dan pikir kita
Allahualam bisawab

Bandung, 250510
SMS:
ku pertanyakan kembali keamanahan qiyadahku
tapi kuyakin Ia mungkin punya cara berfikirnya sendiri
lebih bijak!
lebih bersahabat..



Senin, 24 Mei 2010

Bekerjalah kamu, Maka Allah melihat pekerjaanmu

"….Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat perkerjaanmu itu..." (QS 9:105)

Bismillah..
Indah rasanya, Allah melihat aktivitasku satu hari penuh ini
Takut rasanya, Allah memperhatikan aktivitasku satu hari penuh ini
Hina rasanya, Allah menyaksikan setiap celah aktivitasku satu hari penuh ini

Setibanya dikamar, kembali melanjutkan pekerjaan yang belum terselesaikan. membuka folder harian dan menemukan file yang berisi ayat diatas..
huff, Rabb..
sejenak aku berfikir..
aku sibuk satu hari penuh ini
aku optimalkan setiap detiknya di satu hari penuh ini
aku langkahkan kakiku menuju tempat-tempat berguna untuk keperluan satu hari penuh ini
aku gunakan daya fikirku untuk menjawab permasalahan satu hari penuh ini
aku bagi tiap-tiap jamnya untuk menyelesaikan tugas-tugas tertumpuk ini
aku percepat irama jariku untuk tuntaskan entri data di separuh waktu satu hari ini

Alhamdulillah..
selesai, Perfect!

haha..itu fikirku
sebagian dari otak kiriku mengatur logika berfikirku untuk menyelesaikan permasalahanku
sebagian yang lain, mencari sisi-sisi menyenangkan guna menemukan strategi kesempurnaan penyelesaian

sekali lagi
itu cuma daya otakku bekerja!

aku lupa Ya Rabb..
aku lupa
kalau semua pekerjaan ini butuh nilai
kalau tugas-tugas ini butuh dikoreksi
kalau setumpuk aktivitas ini ada yang harus direvisi

Kau Ya Rabb..
Kau Penilai itu!
Kau Pengoreksi itu!

Astaghfirullah..
sungguh baru kusadari
aktivitas ibadahku satu hari penuh ini
yang kusangka sudah selesai!
sudah finish!
sudah beres!
sudah perfect!

tapi nyatanya..

masih banyak cacat dimana-mana
masih penuh lubang disana-sini
masih berbalut gores di sisi-sisinya

ahh Rabb ku sayang..
sekali lagi aku tertampar dengan kalimatMu
"….Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat perkerjaanmu itu..." (QS 9:105)

Apa penilaianMu atas setiap pekerjaanku?
Apa penilaianMu atas setiap kesibukanku?
Apa penilaianMU atas setiap aktivitasku?

A kah?
B kah?
C?
D?
atau justru E ya Rabb?
atau T??

atau bahkan Ya Rabb..
berkas aktivitasku hilang sama sekali?
arsip ibadahku tak terhitung satupun?
file-file amalanku terdelete dari databaseMu begitu saja?

Astaghfirullah..
Maaf Ya Rabb..

Semua hanya karena RahmatMu
Semua hanya karena belas kasihMu
Semua hanya karena inayahMu

sampai detik jam dikamarku ini masih berputar
aku masih berusaha berikan yg terbaik untukMu Ya Rabb..
InsyaAllah..ya...InsyaAllah Ya Rabb ku...
Jika Engkau menghendakiku..
Jika Engkau masih izinkan aku

Aku ikut mauMu Ya Rabb
sekali lagi karena KAU Saksikan aku disetiap langkah dan aktivitasku..

-Bandung, 240510-
Sepulang dari kelelahanku demi banyaknya cita-citaku

Semoga setiap aktivitas kita, selalu menjadi ibadah..dicatat sebagai amal, dan bermanfaat bagi orang banyak.amin..Allumma amin
-^__^-






Astagfirullahaladzim

Astaghfirullahaladzim..

apakah kalimat itu bisa menghapus dosa2 ku?
apakah kalimat itu bisa menenggelamkan segala salah dan khilafku?
apakah kalimat itu bisa mengembalikan senyumMu Ya Rabb..padaku?

Astaghfirullahaladzim..
seandainya bisa

walau bibir ini harus terus berkata itu
walau lidah ini harus terus mengulang kalimat itu
walau energi ini sudah keluar banyak untuk usahakan ucap itu
tetap takkan henti Ya Rabb..
aku akan melakukannya

terus..

terus..
dan terus..

hingga titik hitam dihatiku sedikit demi sedikit menhilang
hingga air mataku tak henti-hentinya mengalir
terus menangis dan menangis
hingga mataku lelah dan benar-benar payah
hingga fikiranku khidmat, bertadhiyah untukMu

atau Ya Rabb..
hingga waktuku tak ada lagi
benar-benar tak ada lagi,

hingga aku tak bisa menyambut esok hari
hingga aku tak di izinkan lagi menghirup udaraMu
hingga aku tak bisa lagi menuliskan agenda aktivitasku satu hari penuh
hingga peta hidupku hanya jadi memoar kehidupanku
hingga jasadku tak lagi bergerak
hingga semua orang
mengucap
"Innalillahi wa inna ilahi roji'un" untukku..
Ya Rabb..
sungguhkah kalimat itu untukku??

Astaghfirullahaladzim...
aku lupa kalau aku hanya titipan
aku lupa kalau aku tidak kekal
aku lupa kalau aku bukan makhluk sempurna
aku lupa kalau aku hanya hamba yang nista

Astaghfirullahaladzim..

Ya Ghofur..
hanya syafaatMu yang bisa menolongku
hanya rahmatMu yang bisa lindungku
hanya senyumMu yang bisa teduhkanku

jika saat ini aku menangis...
Kau tau Ya Rabb??
air mata ini adalah tetesan syukurku..
karena Kau telah mengizinkan aku
untuk mengingatMu

Maaf Ya Rabb..
Maaf..

amin..

-Bandung, 24 Mei 2010-

saat "Ash-Shaf" telah menyadarkanku, membangunkanku dari kekhilafanku..
Bismillah..
"Wahai orang-orang beriman!, Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?. (itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan"

Astaghfirullahaladzim..
Astaghfirullah..
Astaghfirullah..

Sabtu, 22 Mei 2010

Elegi Kota Tua

Masih tercengang

bukan terdampar
ini hanya sekelumit kejadian

bukan juga prahara
atau dialog-dialog cerita
yang tiap potongan kosakatanya
tak bermakna

inilah adanya
realita yang tak bersua belaka
potret senja yang tak terprediksi akhirannya
sungguh bukan hiperbola
sungguh hanya metamorfosa
sungguh tak sekedar alur cerita

karena disini

di elegi kota tua
di dunia yang tak seberapa

aku mengukir cerita
tak biasa
tak sempurna juga
tapi tak terlupa

jatuhku disini
terpurukku disini
tangisku disini
lelahku disini
metamorfosa dewasaku disini
di elegi kota tua
yang sekali lagi tak seberapa

tapi ternyata ia tak beriku seliter air mata saja
senyum simpul bahkan canda tawa sungguh terkonsep nyata disini

ahh..
senja..

jangan pergi anginnya
biar aku tetap rasakan sejuknya
elegi kota tua
yang sungguh tak seberapa

Kota tua, Bandung. 22 Mei 2010
-MF-


Happy Today

MasyaAllah..

Sabtu, 22 Mei 2010.. waktu yang tidak bisa aku lupakan, lelahnya..gembiranya..manfaatnya..dan semoga berkah atas setiap amalannya.
Subahanallah..terimakasih banyak Ya Rabb

Terjaga dari pukul 22.56
Mengerjakan tugas, gak terasa sampai pukul 03.20an..lanjut pray for U, ketiduran..tapi Kau masih mengizinkan aku mendengar panggilanMu, pray for U again..
langsung siap2 lanjut syuro pk.05.30

Ya Allah, udaranya seger banget pagi tadi. lanjut Jalasah Ruhiyah..agghh, indaaaahhhnyyaaaaaa!!!!
selesai acara, langsung bergegas pergi bareng mba vanie, ambil CPU tempat les, pergi ke pasar beli2 kebutuhan tempat les..instal sana sini, beres2 sana sini...hujan..basah...makan..instal2 lagi, otak-atik network, kabel2an, berkutat dgn CPU...haaaaaaa..Subhanallah, senangnya.
gak nyangka sampai jam21.00..seharian bersama mba vanie

Alhamdulillah, dapat rizki juga..bisa berbagi juga..MasyaAllah, gak ada kata yg lebih indah selain..Makasih Allahku sayang..
sampai rumah, ada aja kejadian kunci kosan kebawa teman. huff..jam22.45 baru bisa masuk rumah, alhamdulillah..tapi lega..

Happy today!!
Makasih Allah
masih mengizinkan aku berteman dengan waktu, kesedihan, hikmah, dan kebahagiaan

-^_____^-

Kamis, 20 Mei 2010

Dimana aku?






Ya Rabb,

dimana aku?
sedang apa aku?
kemana iman ini pergi?

aku terdampar dengan kesemuan
disaat mereka kelaparan
mereka kebingungan
mereka ketakutan
mereka kesusahan
mereka butuh kedamaian

Yaaa Ghofur,
dimana aku ini?

atau justru aku yang sedang dalam kebingungan
atau justru aku yang sedang ketakutan
kesusahan
dan butuh kedamaian

karena sungguh
mereka pasti telah KAU LINDUNGI
mereka disana menanti kebahagiaan
bahagia yang sejati
bukan aquarium semu yang sedang kuhadapi ini

Yaaa Rahim,
dimana aku ini?

dibumimu bagian mana aku ini berpijak?
apa aku pantas menginjak tanahMu ini YA ILLAHI..
apa aku pantas menghirup udaraMu ini YA AZIZ..
apa aku pantas mengeluarkan tiap tetesan airmata kepunyaanMu ini YA SAMI'..

Yaaa Nur,
dimana aku ini?
berilah aku sedikit penerangMu
sedikit cahaya indahMu

aku takut gelap Yaa BASHIR..
aku takut..

Tolong ingatkan setiap lisan, lafaz, dan lirihku ini
jangan biarkan mereka berada ditempat yang tidak Kau izinkan

Yaa Tawaf..
aku melihat senyuman itu
aku melihat cahaya itu
aku melihat lambaian itu

perkenankan aku masuk Yaa Raab..
perkenankan aku ikuti mereka
perkenankan Ya Rabb
amin




Apa yang kau cari anakku

SMS dari IBU :
"Apa yang kau cari anakku?"

Singkat,
hanya lima kata
tapi itu tamparan terdahsyat yang pernah kudapat!

Hingga masaku mulai menipis
Ia masih menyangsikan diriku
benar-benar tak lelah mendoakan perjalanan ceritaku

ah..
ibu..

kata apa yang harus kulontarkan
bibir ini benar-benar kelu
tak ada jawaban
yang rasanya pantas mendamaikan hatimu
meredakan setiap kesangsianmu
meneduhkan setiap jengkal penatmu

tapi ibu..
dengarkanlah..

apa yang aku cari
sejatinya
adalah apa yang engkau butuhkan
adalah apa yang engkau harapkan
adalah apa yang engkau dambakan

bukan sekedar untukmu ibu
bukan
ini semua bukan hanya tentangmu
ini semua adalah tentang dirimu dan sekitarmu
tentang Tuhanmu
tentang kekasihmu
tentang buah hatimu

maka itu ibu
apa yang aku cari
hakikatnya adalah

Kebahagiaan

Kebahagiaan yang sungguh paripurna
yang sungguh menyeluruh
untukmu
Tuhanmu
kekasihmu
dan buah hatimu

Kelak
jika kau bertanya kembali
di masa yang berbeda
"apa yang kau cari anakku?"
maka dengan lantang
aku sampaikan
lirih..
dekat dengan hatimu
yaitu...

kau ibu..
engkau, Tuhan, dan kebahagiaan

Bandung, 20 Mei 2010
-SMS itu tak akan pernah bisa terhapus, terhapus dari qolbu ini-