Rabu, 26 Mei 2010

Aku Vs Waktu

Kulirik jam di handphone
"Astaghfirullah!!, udah jam 3 sore aja..cepet banget!"

Padahal, tepat jam 3 sore itu, Harusnya aku sudah berangkat menuju agenda pekananku..
So simple..(fikirku), Ku ambil handphone, dan mulai SMS murabbiahku.
"mba, maaf telat..masih ngerjain tugas dari Dosen mba, Deadlinenya nanti malam, ini masih sedikit lagi mba" klik..and send, delivered..Selesai!
beres, tinggal lanjut menyelesaikan entry data yang bertumpuk ini.
Tanpa kusadari, "Astaghfirullah, jam5!!.." aku telat dua jam, Keterlambatan terparah yang pernah kucetak.
Bergegas pergi, walapun telat..dari pada tidak sama sekali, itu pikirku. Begitu sampai ditempat, duduk..dan hanya selang 20menit, agenda sudah ditutup dan siap-siap pulang. aku cuma dapat mutaba'ah dan doa kafaratul majelis..padahal, seharunya banyak ilmu lebih jika aku datang tepat waktu!

Mba mendekat ke arahku, berbisik..pelan, sepertinya hanya aku saja yang mendengar ucapannya itu
"Inget ina..!!, Tanggungjawab kita lebih banyak daripada waktu kita"

Great!!
Pelan..Singkat..tapi begitu dalam!

Aku tertampar dengan ucapan itu,yah..sebuah conclusion yang rasanya pahit untukku terima.
Aku dikalahkan oleh waktu, aku dikalahkan oleh manajemen hidupku sendiri..

Jadi ingat buku Manajemen waktu yang pernah kubaca, disitu tertulis,,
Karakteristik waktu :
1. Tidak bisa dihentikan
2. Tidak bisa digantikan
3. Tidak bisa diulang kembali

Harusnya itu sudah cukup untuk dijadikan faktor utama untukku bergerak lebih cepat dan tepat lagi..
Orang akan mempercayakan amanah kepada orang yang sibuk, bukan pada orang yang banyak waktu luang. Karena mereka tahu, orang yang sibuk sudah terbiasa mengatur waktunya untuk membagi-bagi aktivitasnya secara tepat.Semakin sibuk kita, harusnya semakin memiliki kapabilitas yang cukup untuk mengatur waktu dan aktivitas kita..
itu yang rasanya mau Allah sampaikan dalam QS.Al-Ashr..
Mungkin, kita harus memulainya dari persiapkan segala sesuatunya sebelum menjelang esok, begini..
aku jadi teringat kisah sahabat Rasul yang menjadi ahli syurga karena aktivitas mulia yang Ia lakukan setiap malam, sederhana...mudah..tapi itu sungguh ia lakukan dengan tulus dan ikhlas. Tiap malam, sebelum tidur..Ia membayangkan wajah saudara-saudaranya yang ia temui satu persatu..kemudian..Ia maafkan semua kesalahan dari saudara2nya itu..benar-benar tulus, hingga ketika ia tidur..ia tidak menyimpan dendam dalam mimpi dan tidurnya.

Subhanallah,
Buatku..itu adalah salah satu manajemen hidup yang paling baik.
kenapa gak aku lakukan dari hal-hal yang sederhana;
Menuliskan apa-apa yang mau dikerjakan satu hari esok, menghitung estimasi waktunya, dan memperkirakan outputannya, goals apa yang mau ku capai di satu hari esok itu..
mungkin, dengan aku memvisualisasikannya, memetakannya dalam lembaran kertas, itu akan jadi lebih nyata..lebih mudah untuk ku ingat dan implementasikan!!

Yah, itu salah satu caraku menaklukan waktu, meminimalisir kesia-siaan yang pernah dibilang temanku..
"Na..sayang deh kalau hidup cuma kayak air mengalir, sia-sia kan na??, sia-sia itu sesuatu yang boros kan na??, boros itu temannya setan kan na??, masa sih kita mau temenan sama setan.."

Aku Vs Waktu???
hemm..rasanya itu bukan judul yang tepat..
karena mulai saat ini, justru aku sedang melakukan pendekatan dengan waktu, mengenal karakternya, berusaha menjadi sahabatnya ^_^

Jadi inget kata Aa Gym..
Mulai dari yang kecil
Mulai dari Sekarang
Mulai dari diri sendiri

So..
gak ada kata terlambat kan..
-^__^-

Tidak ada komentar: