Sabtu, 12 Juni 2010

IT Career Vs Technopreneur With Budi Raharjo

Rabu sore,
Yap..sehabis shalat di mushola kampus, mampir sebentar lihat mading, mungkin aja ada pengumuman penting.
Right.."SEMINAR IT CAREER VS TECHNOPRENEUR WITH BUDI RAHARJO"
Yes, get it!, Kebetulan yang menyenangkan, haha..Dasar ILMU kalau sudah rezeki gak kemana!.

Kamis Pagi,
Datang lebih awal, sampai kampus jam 9.00 tepat, huff..acara belum dimulai. KENAPA SIH SUSAH BANGET ONTIME.
Akhirnya, setelah pembukaan, acara inti yg saya tunggu-tunggu datang juga. Eiittsss....ini toh pak Budi Raharjo, orang yg sedari tadi duduk didepan saya. hmm...sempat pangling sedikit, karena rambut beliau yg agak gondrong dan putih, hihi..maaf pak. maklumlah orang kalau sudah kelewat pintar tampilannya agak nyentrik.
Kaos merah, celana jeans biru, dan sepatu boot berwarna coklat, haha..saya terima fashionnya pak!, karena masih inget banget waktu pertama kali lihat Pak Budi, waktu saya masih di Sidang Senat NTC..tampilan pak Budi perlente pisan euy..
but love ur style pak ^_~, bapak tetep keren dah.. :D

Makin jatuh cinta, pas beliau ngebawain tema Technopreneur, simple tapi tetep gresh..
diawal, kita dikasih fakta2 soal kesuksesan dan perjalanan karir beliau,, haha..si bapak agak narsis, mungkin beliau campuran "Sanguine dan Koleris". Great!, banyak banget perusahaan beliau, The Cool one. Kalau berkaca sama bisnis yang saya jalanin sekarang..wahh..jauh ke ujung berung terus muter ke dago mampir dulu di soreang balik lagi ke dayeuh kolot..Mantaplah

Materi yang hanya kurang lebih berdurasi 2 jam, tapi bagi saya itu lebih dari cukup untuk menampar saya!
Anak IT gak bisa coding, apa kata dunia??!!

Inti yang saya dapat dari Seminar itu
Pertama..PASSION, Its ALL ABOUT LOVE
yaps, kita harus menyenangi apa yang kita kerjakan, apa yang kita lakukan, love it guys..make it enjoy.., cari titik menyenangkannya, belajar untuk mencintai itu, karena dari rasa senang dan cinta itulah kita dengan sangat mudah menyelesaikannya
In the Fact,
Tamparan pertama yg saya dapat..Bill Gates jadi kayak gini karena awalnya dia berontak dari keterkungkungan pekerjaan yang tidak dia senangi, dia buat MICROSOFT bukan karena dia ingin kaya, tapi karena DIA MENYUKAINYA. Jerry Yang akhirnya lebih memilih menyelesaikan Project pembuatan YAHOO nya ketimbang Tugas Akhirnya karena dia berpikir, jika dia selesaikan TA ini maka hanya sekitar 100 orang yg membacanya, but kalo dia selesain project YAHOO ini, seluruh penduduk dunia akan menikmatinya..and u know, HE LOVES THAT..

Di awal juga Pak Budi kasih kita gambaran, mau pilih mana..Jalan lurus..cepat..tapi berawan, atau jalan berkelok-kelok..lambat..tapi disetiap sisi-sisi yang kita lihat penuh keindahan.
Tamparan kedua..itu semua pilihan, itu semua adalah soal PROSES bukan HASIL!

Katanya programmer tapi gak bisa coding???, Terimakasih pak, anda benar2 telah menusuk jantung dan uluhati saya..haha, kenyataan yang begitu pahit. tapi itu adalah realita. saat Pak budi bertanya, sudah berapa bahasa pemrograman yg anda kuasai??, Java sudah ahli?, PHP?, MYSQL?,C++?..waaaa.......cukup pak, tidak semuanya saya kuasai, tidak salah satunya saya JAGOKAN..padahal untuk jadi programmer paling tidak harus MINIMAL harus bisa 3 bahasa pemrograman..arrrggghhh...
Tamparan ketiga yang memusingkan kepala!!

"Berapa jam kalian coding???"
Dibutuhkan 10.000 jam kita menekuni suatu hal agar kita bisa menjadi seorang MAESTRO, artinya butuh 10 tahun jam terbang kita agar bisa dikatakan ahli, dan butuh minimal 1 JAM DALAM SEHARI kita melakukan aktivitas yang kita geluti itu..
MasyaAllah pak...coding itu adalah mood saya, kalau mood coding ya coding..kalo gak mood..ya bikin puisi aja pak, jadi makin bingung kan kenapa saya ada di IT, haha...saya juga bingung..
Tapi, karena kebingungan itu saya berpikir..
Orang tua sudah banting fikiran dan tenaga untuk menguliahkan saya, perjuangan mereka mau dikemanakan kalau sampai sejauh ini saya masih bingung..NO SIR, saya sudah punya PETA KEHIDUPAN SAMPAI PALING TIDAK 10 Tahun kedepan!!
Dan jika saya menyerah dan masih bingung di titik ini, lalu kemana hasil-hasil bisnis yang sudah saya jalani,,,apakah DIRI SENDIRI ini tidak mebutuhkan REWARD..

Back to topic,
Tamparan selanjutnya..
"Create something from nothing"..itulah dunia coding, ibarat kita melukis, bedanya kita melukis diatas komputer, diatas ketikan-ketikan keyboard, diatas desain-desain UML, diatas barisan-barisan syntax, code, error!!

You've got to find what you love(Steve Jobs)..and iam going tobe loving you..Java, Compiler, PHP, Database..Oh my God!!..

Pak Budi akhirnya menutup dengan kalimat daru RUSH, "The Point of journey is not about to arrive"..Proseslah yang harus kita maksimalkan, agar hasilnya maksimal..
STRESS??!!, Gak akan KAWAN, InsyaAllah..
We Have Allah, I Have Allah..in my heart..in every inchi in my life, my journey, my activity..
dia selalu memperhatikan saya, menjaga saya, menegur saya.."Allah sebagaimana prasangka hambaNya"..huff, karena saya adalah hamba yang hina, banyak dosa, dan nakal..pasti Allah memberikan perhatian lebih pada saya, ya..Dia..Allah saya.

Dan Tamparan terakhir dari Pak Budi untuk saya adalah Buku beliau "Diary Budi Raharjo", Great!!..saya gak bisa dapetin itu karena kalah cepat tunjuk tangan dengan peserta yang lain..

Terimakasih untuk ilmunya pak, untuk dua jam yang touchable..
InsyaAllah, harus lebih baik lagi..lagi..dan lagi...

Budi Raharjo versi 3.2
dan saya..

Marina Fauzia versi 1.0
belajar dari awal, kita punya perbedaan filosofi pak ^_~"
Cinta, karena itu saya disini. karena itu saya harus bangkit lagi, buat SDLC hidup saya, Prototype yang masih banyak harus direvisi..
Semua karena I'm lovin it, saya mencintai apa yg saya kerjakan, harus mensyukuri apa yang didapat!!..Yes, LOve..I'm coming.. ^_____^

Bandung, 12062010
-MF-
Powerfull, Passion, Stronger!
InsyaAllah..



2 komentar:

budi mengatakan...

Done blogwalking :-)

Marina Fauzia mengatakan...

Have a nice trip Pak :)..
Masih banyak belajar