Jumat, 25 Juni 2010

Teteh Cleaning Service Kampus

Sore itu, sekitar pukul 17.30an saya bergegas ke toilet untuk sekedar merefresh wajah dengan air..
berwudhu sebentar..

Seperti biasa, saya selalu bertemu dengan teteh cleaning service, dan seperti biasa pula jam segini beliau masih sibuk membersihkan toilet.
Kemarin..kemarin, kalau saya bertemu beliau..saya hanya tersenyum dan menyapa "apa kabar teh?, masih sibuk teh?..", dan beliau selalu balik senyum seraya mengucap "Baik neng..iya nih neng.."---begituuu terus,tapi kemarin.. gak tau kenapa saya ingiiiin sekali menyapa beliau..lebih dari sapaan biasanya
sambil merapihkan jilbab, saya bertanya "jam segini ko belum pulang sih teh, memangnya CS pulang jam berapa?"..teteh itu menjawab sambil masih mengelap kaca "Seharusnya sudah pulang dari tadi neng, cuma saya gak tega ke anak mahasiswa..kadang mereka jam segini masih pada di kampus, bolak-balik toilet..kasihan kalo toiletnya kotor..pasti mereka gak nyaman, jadi wae teteh masih bersih-bersih..." ujar teteh itu dengan logat sundanya
MasyaAllah....sungguh tersentak saya mendengar ucapan beliau, benar-benar penuh ketulusan...
dan bodohnya, saya hanya bisa bilang.."Teteh pasti capek yaaa..??", dasar ina bodoh, ya iyalah..gak usah ditanya juga pasti capek,,,,uuggghhh...gumamku dalam hati
"Ya kalau dinikmatin mah neng..da gak kerasa capeknya, tapi kalo dibawa ngeluh..ya pasti capek" jawab beliau lagi..
Saya tersenyum---beliau membalas senyuman saya, senyuman paling indah dan tulus yg pernah saya lihat
Dan seterusnya..kami malah asik bercerita, saya lupa kalau harus balik lagi kelantai dua...hehe, tugas masih menanti. Teteh itu asik menceritakan anaknya yang senang bermain..
duuhh..saya benar-benar gaj enaj memotong cerita beliau, beliau sangat antusias sekali bercerita, tiba-tiba ada satu mahasiswi masuk..teteh itu langsung menghentikan pembicaraannya----ahhh..ini kesempatan saya berpamitan..pikirku saat itu, tapi..gak tau kenapa saya benar-benar belum bisa ninggalin teteh itu, beliau sepertinya hanya menunda sejenak percakapannya..dan benar, dia memang menanti-nanti kepergian mahasiswi itu, maklumlah..dari tadi memang hanya kami berdua di toilet..
dan beliau langsung cerita lagi soal anaknya..
sudah hampir dua puluh menit kami bercerita, dari jarak yang agak jauh..sampai berdekat-dekatan, ketawa-ketiwi..eh..saya benar-benar lupa kalau harus balik lagi ke lantai dua :P

"Ya udah atuh neng, lain kali disambung lagi ceritanya, da si eneng kayaknya mau kuliah lagi ya.." Ucap beliau polos...
"Hehe..bukan kuliah teh, lagi magang di lantai dua"
"ooohh...sok atuh kesana lagi"
saya hanya menimpalinya dengan senyuman, senyuman yang saya berharap bisa meredakan kelelahannya..
"iya teh..InsyaAllah disambung lagi ya.."
Kami berpamitan dan melepas salam..

Kembali ke lantai dua..
"Inaaa...dari mana sih,, katanya cuma mau cuci muka, ko lamaaa!!" Ujar suara disana
"hehehe..." :P

Ahhh..teh Teti(itu namanya), walau hanya dua puluh menit, saya belajar banyak darisana..sungguh malu setiap mendengar jawaban-jawaban beliau yang begitu polos dan tulus..
Yah, hari itu saya belajar tentang ketulusan, sebuah ketulusan yang lahir dari seorang Cleaning Service kmapus...bukaann!!, dia bukan Cleaning Service..dia adalah malaikat ilmuku hari itu..
Makasih teh.. ^__^

Bandung, 25062010
-MF-
Ohya, hikmahnya lagi...Kabur sejenak dari tugas-tugas itu enak juga yah, walau endingnya denger teriakan.. :P




1 komentar:

Yuniar Nariswari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.